Pages

Rabu, 13 Agustus 2014

Peranan Analisis Strategi Pemasaran Sebuah Produk

Analisis strategi pemasaran memiliki peran yang sangat penting bagi sebuah perusahaan karena akan sangat berpengaruh pada pertumbuhan dan perkembangan perusahaan itu sendiri. Sebuah perusahaan tidak hanya bertugas memproduksi suatu produk/ jasa saja, melainkan perlu menyalurkan produk/ jasa kepada pihak yang membutuhkan melalui proses perkenalan dan promosi kepada para konsumen terlebih dahulu. Untuk menarik minat konsumen agar memanfaatkan atau menggunakan produk atau jasa yang disediakan oleh perusahaan, perusahaan harus menerapkan strategi yang tepat terutama strategi di bidang pemasaranproduk/ jasa. Kemudian pihak perusahaan juga perlu mengamati analisis strategi pemasaran yang sudah pernah dilakukan. Perusahaan perlu menilai apakah strategi pemasarannya berhasil atau tidak.

Keberhasilan analisis strategi pemasaran
Analisis strategi pemasaran suatu produk/ jasa dapat dilihat hasilnya setelah  strategi pemasaran tersebut dijalankan. Sebuah indikator yang cukup relevan dan dapat dipertanggung jawabkan untuk membaca analisis seputar strategi di bidang pemasaranyang sudah pernah diaplikasikan adalah dari respon konsumen. Respon konsumen yang positive menunjukan bahwa strategi pemasaran yang sudah pernah diaplikasikan oleh perusahaan bisa dikatakan cukup berhasil. Jika demikian, perusahaan kini perlu mengembangkan dan mengaplikasikan strategi baru yang difokuskan pada kualitas produk/ jasa dan pengembangan produk/ jasa. Ada beberapa poin yang perlu diperhatikan ketika akan memulai aplikasi analisis strategi produk  yaitu analisis strategi produk yang sudah ada dan analisis strategi produk baru (inovasi).

Analisis strategi pemasaran produk
Namun sebaliknya, perusahaan kiranya belum perlu mengaplikasikan analisis strategi pengembangan produk jika analisis strategi pemasaran produk/ jasanya belum bisa dikatakan berhasil karena akan sia-sia saja. Suatu analisis seputar strategi di bidang pemasaran suatu produk/ jasa belum bisa dikatakan berhasil jika respon konsumen sebagai indikatornya masih relative sedikit. Hal ini menandakan bahwa masih sedikit konsumen yang tertarik dengan produk/ jasa yang ditawarkan oleh perusahaan. Kemungkinan ada beberapa faktor lain yang mempengaruhi gagalnya suatu strtategi pemasaran sebuah produk/ jasa. Diantaranya adalah terlalu banyak saingan produk/ jasa, produk/ jasa yang diproduksi oleh perusahaan kurang kompetitive, produk/ jasa tidak terlalu dibutuhkan oleh banyak konsumen, kualitas produk/ jasa kurang unggul, harga produk/ jasa yang terlalu tinggi, dan masih banyak faktor lainnya.

Maka dari itu, sebaiknya perusahaan perlu membenahi produk/ jasa yang akan dipasarkan. Misalnya, dengan cara mengkondisikan harga jual produk/ jasa terlebih dahulu sebelum dijual ke konsumen, ciri khas produk/ jasa yang kemudian menjadi ‘identity’  dan  keunggulan produk/ jasa tersebut, kualitas produk/ jasa ditingkatkan lagi, penghapusan produk yang bermasalah, baru kemudian mulai memikirkan analisis srtategi pemasaran yang  baru. Dalam hal perumusan analisis seputarsrtategi di bidang pemasaran yang baru, nampaknya pihak perusahaan perlu melakukan observasi pasar terlebih dahulu agar kelak produk/ jasa dapat bersaing ketat di pasar.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar